Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 10.00 s/d jam 16.00 , Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Perbedaan Digital Printing & Offset Printing

Perbedaan Digital Printing & Offset Printing

Diposting pada 2 January 2020 oleh kreasiku

Apa Bedanya Digital Printing dan Offset Printing?

Mesin Offset dan Digital merupakan alat atau teknik untuk memindahkan desain pada media cetak. Keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk mencetak dokumen pada media kertas. Perbedaannya terletak pada cara kerja dari mesin tersebut. Sederhananya bahwa digital printing merupakan inovasi dari perkembangan metode percetakan konvensional menjadi digital.

Cetak offset vs Digital Printing

Cetak Offset vs Digital Prinitng

Secara sistem kerja digital printing merupakan metode percetakan yang sudah menggunakan sistem komputerisasi (digital), dengan cara kerja menggunakan toner sehingga dapat langsung mencetak pada media cetak yang tersedia.

Sedangkan offset printing merupakan metode percetakan yang dilakukan dengan menggunakan plat film untuk mencetak. Plat film ini berfungsi untuk memindahkan desain pada media cetak, artinya desain dibuat atau ditransfer pada satu plate / plat film, yang kemudian digunakan untuk memindahkan gambar atau desain ke sebuah blanket (rubber blanket) baru kemudian blanket tersebut digulirkan pada media cetak.

Pilih Cetak Offset atau Digital Printing?

Pilihan atau opsi menggunakan cetak offset atau digital printing ini tentu harus sesuai dengan kebutuhan cetak. Artinya bila jumlah yang akan dicetak dalam sekala besar maka offset printing adalah pilihan yang terbaik dan ekonomis. Namun bila kebutuhan cetak skala kecil maka menggunakan digital printing adalah solusi hemat untuk kebutuhan cetak Anda.

Cetak offset dan digital printing sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, semua tentu berdasarkan dari kebutuhan cetak. Berikut beberapa keunggulan dari offset printing dan digital priniting.

Offset Printing:

  • Dapat mencetak dalam jumlah yang banyak di atas ribuan lembar dengan kualitas warna yang sama. Semakin banyak kuantitas yang dicetak, maka harga perlembarnya akan lebih murah.
  • Dapat mencetak pada tekstur kertas yang kasar dan bergramatur dengan tebal mencapai 400 gsm. Dan ukuran kertas yang dicetak pun bisa lebih besar bahkan hingga ukuran A0.
  • Dapat mencetak dengan warna khusus seperti warna emas dan perak serta warna sparasi hasilnya lebih sempurna.

Waktu produksi lebih lama, karena proses yang dibutuhkan cukup panjang, mulai dari pembuatan plat cetakan hingga penyetelan tinta pada mesin yang akan digunakan. Tidak direkomendasikan untuk cetak satuan, karena harga akan lebih mahal dibandingkan cetak seribu lembar.

Digital Printing:

  • Dapat mencetak dalam jumlah sedikit bahkan satuan, sehingga mempermudah untuk mencetak sesuai dengan kebutuhan.
  • Waktu pengerjaan (cetak) yang lebih cepat.
  • Harga lebih murah untuk skala kecil.

Tidak direkomendasikan untuk mencetak dalam skala besar karena akan membuat warna hasil cetakan tidak konsisten dan bila untuk sekala besar harganya jauh lebih mahal dari pada menggunakan cetak offset, serta hanya dapat mencetak dengan ukuran A3+ saja.

 

Bagikan informasi tentang Perbedaan Digital Printing & Offset Printing kepada teman atau kerabat Anda.

Perbedaan Digital Printing & Offset Printing | HD Kreasi

Belum ada komentar untuk Perbedaan Digital Printing & Offset Printing

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR